Pages

mempersiapkan kompiler untuk pembuatan aplikasi android



file yang harus di download

eclipse
android sdk

atau kalau tidak mau repot download saja android studio, itu kompiler android dari google yang sudah lengkap
download di alamat ini
download android studio

nah link nya adalah

setelah didownload dan dijalankan segeralah download android sdk dan pasangkan ke folder yang berisi android sdk

kalau yang menggunakan android studio habis download sudah langsung masuk

Maka kita akan diarahkan menuju jendela project. Untuk Membuat aplikasi baru klik File > New > Adroid Aplication Project.
Isikan nama aplikasi pada Application name. Nama aplikasi ini bebas, bisa sesuka kita. Project name adalah nama file project android kita. Sedangkan Package name adalah nama File saat nanti di eksekusi. Minimum required SDK menjelaskan spesifikasi androi minimum yang bisa menjalankan aplikasi kita. Sedangkan Target dan compile OS android yang disarankan untuk menggunakan aplikasi kita. Kita bisa mengubah tema dengan klik Theme. Setelah itu klik Next.
Untuk selanjutnya pada pilihan create launcjer icon dan create activity kita centang, agar aplikasi yang kita buat ada icon dan ada aktivitasnya. Klik centang juga pada create Project in Workplace untuk menyimpan objek aplikasi kita.
Selanjutnya akan ada menu pilihan icon.
Di sebelah kanan akan muncul besarnya icon saat di install di android maupun tablet. Kita bisa mengubahnya dengan clip art atau text pada pilihan Clipart / text diatas. Atau kita juga bisa gunakan gambar kita dengan mengupload di browse. Untuk mengubah besarnya ukuran gambar geser Additional padding. Sedangkan Crop dan center untukmenyesuaikan icon kita. Sebaiknya pilih center agar logo android kita tidak terpotong. Setelah itu kita bisa tambahkan bentuk icon dan background colour untuk mempercantik logo icon aplikasi kita.

  Selanjutnya centang create activity. Dan mulai dengan Blank Activity.
Jika semua sudah kita ikuti, Tunggu sebentar saat eclipse sedang memulai jendela pembuatan aplikasi baru.
  Inilah jendela aplikasi baru di Eclipse.
Sekarang Kita bisa membuat aplikasi android dari sini. Menu di samping akan membantu kita selama pembuatan aplikasi android ini. Sebagai contoh, kita akan membuat aplikasi berhitung untuk anak. Terima kasih buat Malixjams atas source kode nya. Dengan langkah diatas buat sebuah project bernama Belajar berhitung.
Setelah project sudah jadi. buka BelajarBerhitung/res/layout/activity_main.xml
10. pilih activity_main.xml pada tab bawah untuk melihad source code tampillan muka aplikasi android kita, lalu ubah source kode seperti berikut:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<AbsoluteLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:layout_width="fill_parent"
extView android:id="@+id/widget33"
android:layout_height="fill_parent" > < T android:layout_width="268dp" android:layout_height="wrap_content"
y="center" android:text
android:layout_x="21dp" android:layout_y="8dp" android:gravi t="Belajar Berhitung" android:textColor="#ff33ff00" android:textSize="20sp"
yout_width="296dp" android:
android:textStyle="bold" /> <TextView android:id="@+id/text1" android:l alayout_height="317dp" android:layout_x="13dp" android:layout_y="96dp" android:editable="true"
android:textStyle="bold
android:gravity="center" android:onClick="text1" android:text="10" android:textSize="250sp "" />
luteLayout>
</Abs o
  Lalu setelah itu, memasukan file mp3 kedalam program dengan cara buat folder raw di /BelajarBerhitung/res/
Cara Membuat Aplikasi Android dengan Eclipse

Selanjutnya kita masuk  Source Code java. masuk ke BelajarMenghitung/src/MainActivity.java
Setelah itu, cek dan sesuaikan kodenya seperti ini :
1: package sorce.BelajarBerhitung;
2: import android.media.MediaPlayer;
3: import android.os.Bundle;
5: import android.view.View ;
4: import android.app.Activity ; 6: import android.widget.*;
nds Activity { 8: MediaPlayer player ; 9:
7: public class MainActivity ext e TextView text ; 10: int j = 0; 11: @Override
super.onCreate(savedInstanceState); 14: s
12: protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { 13: etContentView(R.layout.activity_main); 15: text =(TextView) findViewById(R.id.text1); 16: }
playSound(j); 21: if (
17: public void text1(View v){ 18: j++ ; 19: text.setText(j+""); 20: j==10){j=0;} 22: } 23: @Override 24: public void onPause() { 25: try{ 26: super.onPause();
g){ 32: try{ 33
27: player.pause(); 28: } 29: catch (Exception e){} 30: } 31: private void playSound(int a r: if (player.isPlaying()) { 34: player.stop(); 35: player.release(); 36: } 37: }
yer.create(this, R.raw.dua);} 41:
38: catch(Exception e){ } 39: if (arg == 1){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.satu);} 40: else if (arg==2){player = MediaPl a else if (arg==3){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.tiga);} 42: else if (arg==4){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.empat);}
} 45: else if (arg==7){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.tujuh
43: else if (arg==5){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.lima);} 44: else if (arg==6){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.enam) ;);} 46: else if (arg==8){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.delapan);} 47: else if (arg==9){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.sembilan);}
51: } 52: }
48: else if (arg==10){player = MediaPlayer.create(this, R.raw.sepuluh);} 49: player.setLooping(false); // Set looping 50: player.start();
Yang terakhir kompile program. Maka Aplikasi akan muncul dan dapat kita uji di android emulator. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

nah untuk tutorial video dapat dilihat





Yulius Eka Agung Seputra,SE, ST,MSi

Instagram